Tari Topeng

Website Resmi Desa Karangtengah, Batur, Banjarnegara

Tari Topeng/Kesenian Lengger di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah

Dusun pawuhan merupakan bagian dari desa Karangtengah. Dusun ini memiliki beberapa kesenian tradisional, salah satunya adalah kesenian tradisional lengger atau yang lebih dikenal dengan istilah tari topeng. Kesenian ini menyajikan tarian-tarian khas budaya jawa. Kesenian lengger itu sendiri dibagi ke dalam dua kelompok yang saling bersinergi, yaitu kelompok pemusik dengan kelompok penari. Selain itu, terdapat beberapa orang yang memiliki keahlian spiritual tinggi yang dapat menyembuhkan penari yang kesurupan atau biasa dikenal dengal istilah ndadi dan memanggil arwah atau roh halus disekitar tempat pertunjukan untuk ikut menari bersama penari lengger. Untuk itu, sebelum dilakukan pertunjukan dilakukan ritual khusus untuk mensinergikan antara kekuatan gaib dengan pertunjukan kesenian lengger.

Di setiap pertunjukannya, kesenian lengger dari desa karang tengah membagi ke dalam dua sesi pertunjukan yaitu pertunjukan kuda lumping dan selanjutnya pertunjukan tari topeng atau akrab dengan istilah lenggeran. Penampilan kuda lumping pada awal pertunjukan dengan tujuan untuk mengumpulkan penonton. Hal ini dikarenakan masyarakat jawa sangat mengenal pertunjukan kuda lumping dibandingkan pertunjukan kesenian lainnya. Pertunjukan kuda lumping diiringi dengan hentakan beat gamelan jawa yang dinamis. Hal ini memacu adrenalin para penonton untuk menikmati tarian mistis yang diperagakan oleh para penari. Setelah pertunjukan kuda lumping selesai, dilanjutkan dengan pertunjukan tari topeng atau lengger. 

Pertunjukan tari topeng menggunakan beragam bentuk wajah yang diukir menjadi topeng. Selain itu, setiap topeng melambangkan karakter (watak) yang berbeda-beda. Setiap penari memiliki kedekatan tersendiri dengan topeng tertentu. Secara tidak sadar pemilihan topeng tersebut sesuai dengan watak para penarinya. Topeng-topeng yang digunakan pun memiliki nuansa mistis yang sangat kental. Hampir setiap topeng memiliki arwah yang bersemayam di dalamnya. Kesenian lengger ini menjadi khas kesenian yang dimiliki Desa Karangtengah.