Tentang Desa

Website Resmi Desa Karangtengah, Batur, Banjarnegara

Desa Karangtengah terletak di wilayah Dataran Tinggi Dieng tepatnya Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Topografi Desa Karangtengah yang berbukit, dengan penyinaran matahari yang cukup serta udara yang sejuk merupakan kekayaan alam yang dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai sumber pangan dan mata pencaharian. Sebagian besar wilayah desa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Mayoritas penduduk Desa Karangtengah bekerja di sektor pertanian.

Komoditas utama yang dibudidayakan di Desa Karangtengah merupakan tanaman kentang. Luas lahan pertanian kentang di Desa Karangtengah berdasarkan data monografi tahun 2009 merupakan yang paling luas (522 ha) dibanding komoditas lain (kubis, bawang daun, kacang). Kentang dipilih karena sangat cocok ditanam di dataran tinggi, dan permintaan pasar yang besar akan komoditi kentang. Selain itu kentang dipilih karena memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi jika dibanding dengan komoditi lain. Jangka panen tanaman kentang juga lebih pendek yaitu 90-180 hari sehingga dianggap lebih menguntungkan petani. 

Pertanian kentang merupakan tumpuan penghasilan sekaligus perbaikan perekonomian bagi masyarakat Desa Karangtengah dibanding ketika menanam tembakau dan palawija. Perekonomian masyarakat menjadi terangkat karena budidaya tanaman kentang.Budidaya kentang diharapkan mampu menyokong kehidupan para petani kentang di Desa Karangtengah dalam berbagai situasi, baik dalam kondisi lapang maupun kritis.

Sumber :

Turasih, A. S. (2012). Sistem nafkah rumah tangga petani kentang di dataran tinggi Dieng (kasus Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah). Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6(2), 196-207.